Menhub: 47 Persen Pemudik Belum Kembali dari Kampung Halaman

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, piphaknya sudah mendiskusikan terkait penanganan arus balik dengan BPJT, Kapolda, Kapolri, dan Jasa Marga. Menurut Budi Karya Sumadi jumlah masyarakat yang kembali dari mudik semakin banyak sampai hari Minggu ini tersisa sekira 47 persen. "Kita menghitung dari hari ke hari. Dua hari lalu masih 63 persen, turun lagi jadi 55 persen, dan sekarang ini masih ada kurang lebih 46 persen hingga 47 persen belum kembali dari mudik," ujarnya saat meninjau Posko Gabungan KM 72 Cikampek, Jawa Barat, Minggu (8/5/2022).

Lebih lanjut, Budi mengaku sudah mengantisipasi jika sebanyak 40 persen lebih pemudik balik secara bersamaan hari Minggu ini. "Bayangkan kalau itu berlangsung malam ini? Oleh karenanya, di satu sisi kami koordinasikan siapkan sarana prasarana, tapi juga tidak henti hentinya mengimbau masyarakat menunda supaya baliknya besok atau lusa," katanya. Dirinya juga tidak bosan menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo sudah katakan mudik dan balik tidak mesti di masa 9 hari libur Lebaran.

"Sebab, banyak cenderung mudik 3 hari sebelum Lebaran, dan pada 6, 7, 8 Mei itu balik. Hari ini adalah pertaruhan kita untuk memberikan kebahagiaan kepada masyarakat," pungkas Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *