Skun Kabel: Jenis, Ukuran, dan Harganya

jual skun kabel bimetal

Ada berbagai macam komponen yang dilibatkan dalam pengerjaan instalasi listrik. Terlebih pada instalasi di gedung bertingkat dan pabrik yang cakupan arus listriknya lebih luas dan besar dari listrik rumah tangga.

Umumnya, instalasi listrik membutuhkan saklar, kabel, pengaman, meteran listrik (kWh meter), dan spin control. Namun, ada satu komponen kelistrikan yang jarang diketahui, yaitu skun kabel.

Penasaran dengan fungsi dan jenisnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Skun Kabel

Skun kabel listrik atau disebut juga skun kabel bimetal adalah jenis konektor yang berfungsi untuk menghubungkan kabel satu dengan kabel yang lain. Agar lebih rapi dan terorganisir, kabel yang saling tersambung disatukan menggunakan kabel ties.

Sering kali, skun kabel juga dimanfaatkan untuk menghubungkan dua perangkat listrik yang berbeda karakteristik.

Skun kabel listrik terbuat dari dua logam, biasanya kombinasi antara tembaga dan aluminium. Karena itu, dinamakan skun kabel bimetal.

Penggunaan skun kabel bimetal membawa keuntungan tersendiri. Sehingga banyak yang jual skun kabel bimetal seiring tingginya kebutuhan pasokan.

Tembaga dapat membantu mengurangi risiko overheat hingga kebakaran pada sambungan kabel. Ini karena sifat tembaga yang memiliki konduktivitas termal lebih baik dari aluminium.

Selain itu, adanya tambahan pelapis timah membuat skun kabel tahan terhadap korosi. Sehingga awet dari kerusakan dan risiko korsleting.

Jenis-Jenis Skun Kabel

Jenis skun kabel dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan bahan dasar dan bentuknya.

Berikut jenis-jenis skun kabel berdasarkan bahan dasarnya yang banyak ditemui di pasaran:

1. Skun Kabel Al (Aluminium)

Terbuat dari bahan aluminium, skun kabel Al memiliki konduktivitas lebih rendah dari tembaga. Namun, beratnya lebih ringan dan lebih murah, karena itu banyak yang menggunakan skun kabel Al untuk instalasi sistem distribusi daya listrik rendah.

2. Skun Kabel Cu (Tembaga)

Skun kabel Cu kerap dimanfaatkan untuk sistem kelistrikan berdaya tinggi, karena konduktivitas tembaga sangat baik. Sayangnya, bahan tembaga lebih berat dan mahal dari aluminium.

3. Skun Kabel Al-Cu (Bimetal)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, skun kabel bimetal atau Al-Cu terbuat dari bahan aluminium dan tembaga. Banyak yang memilih skun kabel bimetal sebagai alternatif konektor yang murah, memiliki daya hantar baik, dan awet.

4. Skun Kabel Sc (Skandium)

Jenis skun kabel Sc jarang ditemukan, meski digunakan pada kasus tertentu. Skun kabel ini memiliki campuran bahan skandium untuk menguatkan aluminium.

Lalu, berdasarkan bentuknya, Anda dapat menemukan jenis skun kabel dengan bentuk sebagai berikut:

5. Skun Ring (O)

Skun kabel berbentuk seperti cincin yang dipasang di sekitar sekrup atau terminal. Skun jenis ini biasanya digunakan untuk koneksi permanen.

6. Skun Gepeng

Pada koneksi permukaan datar, jenis skun yang digunakan biasanya adalah skun gepeng karena lebih kompatibel. Bentuknya yang pipih membuat sambungan ini mudah dipasang pada sekrup datar.

7. Skun Garpu (Y)

Sementara itu, skun garpu yang berbentuk seperti huruf Y lebih banyak digunakan pada terminal yang memiliki bukaan. Konektornya yang berbentuk Y memungkinkan skun diperlukan koneksi dengan cara dicolokkan.

8. Skun Bulat

Bentuk skun kabel ini seperti peluru atau silinder. Skun kabel bulat banyak diaplikasikan untuk koneksi yang bisa lepas pasang dengan cepat tanpa memerlukan alat khusus.

9. Skun Tusuk

Jenis skun kabel yang umum digunakan selanjutnya yaitu skun tusuk. Memiliki bentuk seperti jarum, konektor ini dirancang agar bisa dimasukkan ke dalam terminal dengan mudah.

Ukuran dan Harga Skun Kabel Bimetal

Skun kabel diaplikasikan sebagai sambungan antara dua kabel atau lebih. Maka dari itu, skun kabel listrik dirancang yang tidak menghantarkan arus listrik agar aman.

Ada berbagai ukuran skun kabel yang tersedia di pasaran dengan harga berbeda. Sedangkan, untuk ukuran lubang bautnya mengikuti ukuran standar skun. Misalnya, skun bimetal 26mm-M8 berarti ukuran kabel 16mm dan lubang baut 8mm.

Berikut ukuran skun kabel bimetal dan kisaran harganya, di antaranya:

  • 26mm-M8 = Rp4.800
  • 25mm-M8 = Rp5.800
  • 35mm-M10 = Rp7.400
  • 50mm-M10 = Rp10.400
  • 17mm-M12 = Rp13.00
  • 95mm-M12 = 17.800
  • 120mm-M14 = Rp21.200
  • 150mm-M14 = Rp29.800
  • 185mm-M16 = Rp33.600
  • 240mm-M16 = Rp44.200

Demikian ulasan mengenai skun kabel bimetal. Anda bisa mendapatkan skun kabel bimetal di toko yang jual skun kabel bimetal, salah satunya PT Mandiri raya Tangguh yang juga merupakan supplier kabel ties terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post